Informasi Dasar Mengenai Cara Membuat Proposal Seminar Yang Baik Dan Benar

Bagaimana cara membuat proposal seminar yang baik dan benar? Bagi Anda yang pernah membuat proposal seminar tentu sudah tidak asing dengan setiap bagian yang terdapat di dalamnya bukan? Bahkan untuk tujuan serta fungsi dari proposal itu pun tentunya sudah Anda ketahui. Namun jika kali ini adalah pengalaman pertama Anda dalam membuat proposal seminar, maka untuk menghasilkan proposal dengan tepat ada baiknya jika Anda menyimak penjelasan singkat terkait proposal seminar serta beragam informasi mendasar darinya berikut ini.

Apa itu proposal seminar?

Proposal berasal dari kata to propose yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan arti mengajukan. Dengan kata lain, proposal dapat diartikan sebagai bentuk pengajuan, permohonan atau bahkan penawaran dalam bentuk gagasan yang ditujukan pada pihak lain untuk mendapatkan dukungan. Dukungan itu sendiri dapat berupa perizinan, pemberian dana, dan lainnya.

Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa proposal seminar adalah bentuk pengajuan atau penawaran gagasan untuk melakukan kegiatan seminar. Sementara itu, jika dilihat dari bentuk yang dimilikinya proposal kegiatan seminar hadir dengan tiga bentuk berbeda.

cara membuat proposal seminar

Bentuk-bentuk pada proposal seminar

Berikut ini adalah beberapa bentuk dari proposal seminar, di antaranya :

Proposal formal

Untuk jenis proposal seminar dengan bentuk formal ini, umumnya proposal akan dibentuk dengan tiga bagian utama di dalamnya. Ketiga bagian tersebut adalah pendahuluan, isi serta pelengkap penutup. Untuk bagian pendahuluan ada beberapa bagian utama yang tidak boleh Anda lewatkan di dalamnya seperti judul, kata pengantar, kemudian ikhtisar, daftar isi serta bentuk permohonan.

Sementara itu, untuk bagian isi umumnya terdiri dari latar belakang, permasalahan, tujuan seminar, teori juga metodologi, isi, susunan panitia, keuntungan serta kerugian, juga waktu serta biaya yang dibutuhkan untuk acara seminar tersebut. Sedangkan untuk bagian penutup, Anda dapat mencantumkan kesimpulan, saran, daftar pustaka, tabel, lampiran, dan lainnya.

Proposal semi formal

Berbeda dengan proposal formal, untuk bentuk proposal seminar yang satu ini ia justru tidak memiliki bagian yang lengkap seperti pada proposal formal dan bahkan lebih menyerupai proposal non formal.

Proposal non formal

Untuk proposal non formal umumnya ia akan diberikan dalam bentuk memorandum ataupun surat. Sedangkan isinya terdiri dari beberapa bagian utama seperti permasalahan, saran, pemecahan masalah serta permohonan untuk mengadakan acara seminar itu tadi.

Manfaat pembuatan proposal seminar

Selain beberapa bentuk proposal seminar di bagian atas tadi, jenis proposal kegiatan yang satu ini juga hadir dengan beragam manfaat yang dimilikinya. Di bawah ini adalah manfaat dibuatnya proposal seminar :

  1. Manfaat pertama dari proposal kegiatan seminar dapat Anda gunakan sebagai rencana yang mengarahkan panitia dari kegiatan seminar untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan benar.

  2. Manfaat selanjutnya sebagai informasi acuan bagi beberapa pihak yang saling berkepentingan dalam acara seminar itu tadi.

  3. Selain manfaat di bagian atas tadi, proposal seminar secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk menjelaskan terkait kegiatan seminar yang akan dilakukan agar mereka dapat mengetahui kegiatan seminar itu tadi.

  4. Manfaat lainnya adalah memberikan kemudahan bagi pihak penyelenggara untuk memperoleh dukungan dari pihak-pihak yang diharapkan.

  5. Keberadaan proposal seminar juga dapat digunakan untuk meyakinkan pihak sponsor agar mereka dapat memberikan dukungan secara material juga finansial dalam acara seminar yang akan dilakukan.

Itulah beberapa bentuk proposal seminar dan juga manfaat dibuatnya proposal. Sekarang saatnya kita bahas cara membuat proposal seminar, agar kita bisa membuat proposal dengan baik dan benar.

Unsur penting dalam proposal seminar

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk membuat proposal seminar dengan baik dan benar adalah mencantumkan setiap unsur-unsur penting yang dimilikinya. Unsur-unsur tersebut terdiri dari :

  1. Judul

Dalam pembuatan judul pastikan untuk menulis nama serta tema kegiatan dengan singkat dan padat. Selain itu, apabila terdapat lembaga atau bahkan sponsor dari acara kegiatan seminar tersebut, maka pastikan untuk memasukkannya.

  1. Latar belakang

Untuk latar belakang pastikan Anda menguraikan dengan detail mengenai alasan seminar tersebut dilakukan termasuk alasan dari pengambilan tema atau pun topik yang digunakan. Selain itu, jika diperlukan Anda juga dapat mencantumkan data pendukung yang menjadi alasan dari acara seminar tersebut. Namun dalam pembuatan latar belakang pastikan untuk tidak membuatnya terlalu panjang.

  1. Maksud dan tujuan

Pada bagian maksud serta tujuan pastikan untuk menjelaskan apa yang menjadi tujuan serta target dari kegiatan seminar yang akan dilakukan. Selain itu, agar tujuannya dapat dipahami dengan jelas, Anda dapat membuatnya dalam bentuk pointer.

  1. Rincian kegiatan

Rincian kegiatan adalah bagian inti dari acara seminar yang akan dilakukan. Karena itulah pastikan untuk menguraikan setiap rencana kegiatan dengan lebih detail. Dalam hal ini, Anda dapat menjelaskan kegiatan dari setiap sesi yang akan dilakukan, siapa mc serta moderator dalam acara tersebut, pembicara, pembagian waktu hingga keberadaan acara selingan atau istirahat yang dipersiapkannya.

  1. Rencana anggaran

Rencana anggaran menjadi bagian paling akhir yang dapat Anda cantumkan dalam proposal seminar. Dalam rencana anggaran, pastikan untuk memasukkan perhitungan dari biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan. Dari acara seminar itu tadi. Bahkan jika perlu, Anda dapat membagi setiap kebutuhan berdasarkan pada apa yang dibutuhkan oleh bagian organizer atau bahkan kepanitiaan yang terdapat di dalamnya.

Dalam pembuatan rencana anggaran, pastikan pula untuk mencantumkan anggaran yang riil atau nyata sesuai dengan harga yang ada di pasaran. Selain itu, pastikan pula untuk menambahkan biaya tak terduga.  Anda dapat gunakan ini untuk mengantisipasi dari setiap keperluan yang dibutuhkan secara mendadak dan tidak tercantum dalam perencanaan anggaran sebelumnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait langkah tepat dalam cara membuat proposal seminar dilihat dari unsur yang dimilikinya dan juga berbagai macam informasi mendasar yang masih terkait dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *